Rabu, 24 Oktober 2012

Cara memasang dua RAM di satu PC

Saya habis mbetulin kompi di sekolah sekaligus ngegabungin RAMnya, jadi saya sekalian aja share di sini.

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu hardware vital komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara program-program komputer yang dijalankan dan akan dilanjutkan ke prosesor (CPU). Tapi satu ruang di RAM tidak dapat dipakai dua proses secara simultan, jadi jika banyak proses yang berjalan di komputer maka... RAM akan semakin penuh. Jika RAM penuh, proses-proses selanjutnya akan menunggu giliran ketika suatu proses sudah kelar. Yah, RAM memang mirip WC umum aja, bedanya nggak ada urinal-nya. :)

Nah, kalo ada user yang suka kerja + facebook-an + ngedit foto + ngegame + nyetel musik, atau sambil buffer video orang 'pacaran' (nggak kali ya?), biasanya RAM akan kepenuhan dan biasanya juga sebentar-sebentar nge-freeze. Untuk menanggulangi masalah beginian maka diperlukan RAM total yang semakin banyak.

Jadi belilah RAM yang lebih gede ukurannya.

Tapi kalo usernya buka PB + CS + Chrome + Firefox + MS Word + MS Excel + WMP + FLV + cmd + regedit + dll, walau RAM nya udah 8096 MB (widih..) pun komputer masih "dit, dit, dit", maka RAMnya (ato barangkali CPU, hehehe) ga kuat.

Jadi belilah dua RAM.

Caranya begini :
  1. Beli RAM di Ebay, Walmart, Toys R US (bukan) atau apalah... asal kecepatan dan kapasitas RAMnya sama (kalo persis lebih baik.).
  2. User siapin obeng, blower sama vacuum cleaner kalo perlu... (becanda, blower itu cukup)
  3. User matiin komputernya, power supply sama voltage stabilizer / UPS nya dimatiin juga kalo perlu. Buka tutup chassis dengan cara ngecopot mur di pinggirnya, lalu tarik.
  4. Pastikan tangan user kering.
  5. Kalo chassis kotor, tiup pake blower. Kalo kotor parah banget sampai debu mengendap (idih...) lepas semua kabel dan hardware, bersihin satu-satu. (Jangan pake air kalo ngga mau konslet.)
  6. Kan di chassis nya ada RAM satu itu nyantol, biarin aja. Sekarang cek apakah slot RAM satunya ngunci (ke dalam) apa nggak. Kalo ngunci buka aja, dorong kuncinya dari dalem ke luar.
  7. Masukin RAM dari dua sisi secara seimbang.
  8. Dorong satu sisi sambil ngedorong kuncinya ke dalem, sampai ada bunyi 'ceklek' atau kunci udah kelihatan masuk 'lobang' di pinggir.
  9. Lakukan di sisi satunya.
  10. Kalo udah tutup lagi chassis nya, pasang lagi murnya.
  11. Nyalain kompi user.
  12. Ketika booting + login udah kelar, tunggu sebentar, driver RAM sedang diinstall.
 Note :
  • Pengalaman, satu RAM 1024 MB lebih baik daripada dua RAM 512 MB.
  • Satu RAM 1024 MB jauh lebih baik daripada ketika ditambahi satu RAM 512 MB.
  • Kalau ada teori (temen saya yg bilang) dua RAM bikin prosesnya dobel, itu SALAH.
"Dua RAM lebih baik."
-BKKBN, dengan perubahan 

4 komentar:

  1. kalau yang satu segiga dan yang satu lagi 2.gg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat balas, mereknya kalo sama menurut saya dua-duanya dipasang ngga apa-apa, kalo beda 1 giganya dilepas aja mending.

      Hapus
  2. ya nich.. gw 2gb sama 1gb klw di pasang bermasalah ga ya..
    MyFreeSound

    BalasHapus
  3. kalau habis pasang ram entar bluescreen apanya yang masalah mas?

    BalasHapus